4 Cara Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit

Melihat rutinitas beberapa orang di media sosial yang suka memberikan pembahasan mengenai kosmetik, tidaklah aneh bila produk kosmetik jadi sesuatu yang digandrungi oleh masyarakat. Berdasarkan siaran pers BPOM, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengungkapkan jika produk kosmetik menempati rangking ke-2 sebagai produk yang paling sering dikonsumsi dari belanja online setelah produk baju.

Karena sangat banyaknya produk kosmetik di Indonesia, ini memicu peredaran kosmetik ilegal dan palsu yang mungkin tidak aman sampai bisa membahayakan kesehatan. Lalu, bagaimanakah cara memilih produk kosmetik yang aman untuk kesehatan? Berikut tipsnya versi berl kosmetik :

 

  1. Cek Kemasan Produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memilih produk kosmetik yaitu memeriksa apa terdapat Nomor Izin Edar (NIE) pada kemasan produk. Kosmetik yang legal dan aman sudah pasti mengantongi izin resmi dari BPOM dan memiliki nomor izin edar itu. Maknanya, bahan-bahan yang terdapat juga dijamin aman, karena telah diuji terlebih dahulu oleh BPOM.

Pastikan juga jika nomor izin itu benar-benar tercatat pada web resmi BPOM. Karena, mungkin beberapa produk kecantikan hanya sekadar menempel nomor izin edar yang sembarangan. Bila produk kosmetik yang kamu beli tidak memiliki nomor izin edar atau tidak benar-benar terdaftar, kosmetik itu sudah pasti ilegal dan tidak terjamin kandungannya.

Hal lain yang perlu kamu lihat yaitu melihat tanggal kedaluwarsa pada label produk. Ini kerap terlewatkan karena banyak orang percaya jika setiap kosmetik yang tersebar adalah produk baru. Sama dengan makanan, kosmetik yang kedaluwarsa bisa memunculkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

 

  1. Kualitas Lebih Penting daripada Harga

Harga kosmetik benar-benar beragam, dimulai dari yang termurah sampai yang membuat kantong jebol. Tidaklah aneh terkadang orang melirik produk kosmetik yang serupa, tapi dipasarkan pada harga yang lebih murah, bahkan kadang condong tidak masuk akal.

Harga kosmetik yang murah memang aman di kantong, tetapi belum pasti aman untuk kesehatan. Masalahnya telah banyak kasus yang menunjukkan jika beberapa produk kosmetik dengan harga terjangkau ternyata palsu dan ilegal. Jika sudah begitu, pasti kandungannya tidak bisa dipastikan apa aman atau tidak. Maka itu, jangan mudah tertipu dengan harga terjangkau dan periksa kembali keaslian produk.

 

  1. Beli di Toko Terpercaya

Untuk memperoleh produk kosmetik yang aman, pastikan kamu membeli di toko yang tepercaya. Selain toko konvensional, sekarang telah banyak online shop yang menjual kosmetik kesayangan kamu. Tetapi, pastikan jika toko itu benar-benar tepercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.

Apabila kamu membeli kosmetik langsung di toko, seharusnya lihat kembali kemasan, tekstur, aroma, dan warna kemasan secara detil. Selanjutnya, bandingkan dengan kosmetik asli yang kamu miliki. Kamu perlu waspada bila menemukan kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma menusuk, atau warna kemasan yang cenderung pekat atau pudar.

 

  1. Perhatikan Reaksi Setelah Memakai Kosmetik

Untuk kamu yang sering beli kosmetik tertentu, pasti sudah andal dalam mencoba tester kosmetik. Caranya, dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apa cocok dengan yang kamu cari atau tidak. Hal ini bukanlah sekedar mencocokan produk kosmetik dengan keinginan kamu, tetapi memanfaatkannya sebagai salah satu langkah memilih produk kosmetik yang aman.

Kosmetik palsu biasanya bisa menimbulkan tanda-tanda berupa ruam merah, kulit gatal dan bengkak, sampai sakit kepala, serupa dengan gejala alergi kosmetik. Dampak ini umumnya akan terlihat setelah beberapa kali pemakaian.

 

Penutup

Demikian artikel yang membahas mengenai 4 Cara Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit. Semoga artikel ini bisa membantu kalian para pembaca sekalian. Terimakasih

Comments are closed.